• SMPN 28 SATAP SALENRANG
  • Tutuki Ri Kana Ingakki Ri Panggaukang

Kurikulum Satuan Pendidikan 2025: Apa yang Baru?

Sebelum membahas pertanyaan di atas, maka terlebih dahulu kita harus memahami dasar hukum penerapan kurikulum satuan pendidikan yakni Permendikdasmen No. 13 tahun 2025 tentang Perubahan atas Permendikbud Ristek No. 12 tahun 2024 tentang Kurikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Sehubungan hal di atas, Kepala Badan standar, Kurikulum, dan Asesmen (BSKAP), Toni Toharuddin menegaskan bahwa, “Permendikdasmen terbaru ini tidak mengubah isi pokok kurikulum yang sudah ada, melainkan memperkuat arah kebijakan melalui penyesuaian administratif” (https://kurikulum.kemdikbud.go.id).

Lebih jauh ditegaskan bahwa, “untuk tahun ajaran 2025/2026, kurikulum merdeka dan kurikulum 2013 tetap diberlakukan sebab kedua kurikulum ini tetap berfokus pada fleksibilitas dalam proses pembelajaran serta pengembangan potensi peserta didik. Hal ini mengandung makna bahwa pemerintah tidak mengganti kurikulum satuan pendidikan, akan tetapi lebih kepada penyempurnaan sesuai dengan konteks dan kebutuhan murid, dan satuan pendidikan, dan daerah.

Sekalipun demikian, ada beberapa istilah baru yang perlu kita pahami sebagai pendidik yakni: (1) deep learning atau pembelajaran mendalam, (2) profil lulusan sebagai pengganti dari istilah projek penguatan profil pelajar pancasila atau P5, (3) struktur kurikulum satuan pendidikan, khususnya kokurikuler. 

Pembelajaran mendalam dalam seluruh struktur pendidikan adalah strategi untuk memperoleh pengetahuan dalam hal: (1) respons terhadap perubahan global, (2) proses informasi yang baru, (3) teknologi baru, (4) pemaknaan pengetahuan yang baru dalam dunia yang kompleks (Norwegian Directorate for Education and Training, 2021 dalam Suyanto dkk: 2025). 

Pembelajaran Mendalam berkaitan erat dengan teori belajar konstruktivisme yang menguatkan proses pembelajaran dan interaksi dengan orang lain (Abbott et al., 2009 dalam Suyanto dkk: 2025). Pembelajaran Mendalam terjadi ketika peserta didik ditantang dan dimotivasi dengan permasalahan dunia nyata yang menggunakan pengetahuan antardisiplin.

Kunci pembelajaran mendalam terletak pada kemampuan guru untuk menerapkan secara konsisten tiga  prinsip utama pembelajaran mendalam yakni berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan.

Guru juga harus memahami delapan profil profil lulusan (pengganti istilah P5) yakni: (1) keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, (2) kewargaan, (3) penalaran kritis, (4) kreativitas, (5) kolaborasi, (6) kemandirian, (7) kesehatan, dan (8) komunikasi. Dimensi profil lulusan ini merupakan kompetensi utuh yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik setelah menyelesaikan proses pembelajaran dan pendidikan.

Untuk mewujudkan delapan profil lulusan di atas, maka sekolah harus menyusun struktur kurikulum dengan baik yang memuat tiga aspek yakni: (1) kegiatan intrakurikuler, (2) kegiatan kokurikuler, dan (3) kegiatan ekstrakurikuler. Dari ketiga aspek tersebut, pengembangan kegiatan kokurikuler merupakan sesuatu yang baru dan perlu mendapatkan perhatian khusus.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Umumnya Orang Tua Siswa Tidak Setuju Anaknya Bawa HP ke Sekolah

Berdasarkan hasil analisis data wawancara dengan orang tua calon siswa baru UPTD SMP Negeri 28 satap Salenrang menunjukkan bahwa, umumnya mereka tidak setuju kalau anaknya membawa han

02/07/2025 11:48 - Oleh Abdul Majid - Dilihat 111 kali
"Resopa Natinulu, Malomo Naletei Pamase Dewata"

Resopa natinulu, malomo naletei pamase Dewata yang artinya "hanya kerja yang tekun sering menjadi titian Ilahi" (Hakim dalam Abdul Majid: 2005). Kalimat tersebut mengandung pesan atau m

26/06/2025 09:28 - Oleh Abdul Majid - Dilihat 99 kali
AAJS Tingkat SMP Resmi Dimulai di SMPN 28 Satap Salenrang, Siswa Siap Hadapi Tantangan Terakhir

 Maros, 5 Mei 2025.Pelaksanaan Asesmen Akhir Jenjang Sekolah (AAJS) tingkat SMP Tahun ajaran 2024/2025 secara resmi dimulai serentak di seluruh Kabupaten Maros pada hari Senin, 5 M

05/05/2025 12:15 - Oleh Zulfiah Ulfa - Dilihat 156 kali
REFLEKSI PERINGATAN HARDINAS 2025

(Sambutan Kepala UPTD SMPN 28 Satap Salenrang sebagai Pembina Upacara Peringatan HARDIKNAS UPTD SDN dan SMPN  28 Satap Salenrang tahun 2025) Oleh: Abdul Majid Sebagai refleksi a

01/05/2025 13:19 - Oleh Abdul Majid - Dilihat 172 kali
"Jejak KKN UINAM Angkatan 76: Langkah Kecil, Kolaborasi, Bersama Mencerdaskan Anak Bangsa!

Salenrang 9 Januari 2025,   Mahasiswa  Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) yang sedang melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan 76 Posko 8 De

10/01/2025 11:55 - Oleh Abdul Majid - Dilihat 395 kali
BK: Profesi, bukan?

oleh: ABDUL MAJID Tulisan ini seakan “menggugat” kembali profesi konselor atau guru bimbingan dan konseling di sekolah sebagai wujud kecintaan saya sebagai guru BK selama 3

14/12/2024 09:16 - Oleh Abdul Majid - Dilihat 401 kali
Tika: Profil Tokoh Minggu Ini

Firtriani Saltika, lahir di Maros, pada tanggal 01 Juli 2012. Tika panggilan akrabnya adalah anak ke-3 dari empat bersaudara dari pasangan ibunda Salmah dan ayahanda Muh. Rasyid. 

13/12/2024 10:23 - Oleh Abdul Majid - Dilihat 376 kali
PEMIMPIN PEMBELAJARAN DALAM PENGEMBANGAN SEKOLAH: REFLEKSI MODUL 3

Pada hari ke-11 Pembekalan Calon Fasilitator Pendidikan Guru Penggerak Kemdik Dasmen RI, Peserta diminta menyampaikan refleksi terhadap konsep  pemimpin pembelajaran dalam pengemba

13/12/2024 06:30 - Oleh Abdul Majid - Dilihat 631 kali
Kegiatan AAJS di SMPN 28 Satap Salenrang Resmi Dimulai

Salenrang, 9 Desember 2024 – SMPN 28 Satap Salenrang memulai pelaksanaan kegiatan Assesment Akhir Jenjang Sekolah (AAJS) pada tanggal 9 hingga 16 Desember 2024. Kegiatan ini diiku

09/12/2024 08:25 - Oleh Nur Hikmah Gaffar - Dilihat 614 kali
Tergerak, Bergerak, dan Menggerakkan: Refleksi Kritis Nilai Guru Penggerak

Artikel ini ditulis sebagai tugas mandiri Pembekalan Calon Fasilitator Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 21 Kemristek Dikti. Semangat untuk mengapresiasi dan berpihak pada nilai-nilai

06/12/2024 11:37 - Oleh Abdul Majid - Dilihat 324 kali